Sunday, February 9, 2014

Mkanan Khas Vietman

Makanan Khas Vietnam


Hm.... nyam-nyam...

Inilah dia makanan khas Vietnam, negara di sebelah utara wilayah Asia Tenggara.
Namanya, Pho Bo. Terbuat dari mi putih yang dipadukan dengan kuah. Bentuknya hampir mirip dengan Soto di Indonesia, namun, Pho Bo memiliki mie putih yang lebih besar, dan kuahnya pun tanpa kunyit jadi warnanya bening.

Pho Bo biasanya dihidangkan dengan lalapan seperti gambar di atas, terdiri dari toge besar dan dedaunan. Seperti soto, jeruk nipis menjadi sajian pelengkap -bagi yang suka. Di Vietnam tidak ada sambal uleg, kalau  ingin pedas tinggal menambahkan irisan cabai di dalamnya. Satu lagi yang tidak boleh terlewatkan ketika makan Pho Bo, bentuknya seperti roti, gorengan dari tepung ini rasanya hambar, kalau dimakan ya cukup untuk mengganjal perut.

Kalau ini lemon tea. Di Vietnam akan dijumpai banyak orang minum dengan es, dari susu sampai kopi semuanya dihidangkan dengan es. termasuk minuman yang satu ini, lemon tea.
Yang sangat terlihat berbeda dari lemon tea yang ada di Indonesia adalah warna teh pada lemon tea Vietnam sama sekali tidak pekat layaknya lemon tea di Indonesia. Irisan jeruk nipis (lemon) membuat sensasi asam. Namun, jika dirasakan lebih dalam lemon tea ini agak terasa pahit karena kulit jeruk lemon menyertai irisan lemon.

Kalau yang ini pepsi ala fast food Vietnam. Rasanya sama dengan pepsi pada umumnya, rasa sodanya begitu kuat.

Salah satu fast food terkenal yakni Loteria, menyediakan segala bentuk makanan cepat saji. G baik si buat kesehatan, karena gizi fast food tidak seimbang, tidak ada buah dan sayur, tapi sekali-kali tidak apa-apa untk mengganjal perut.



Coba tebak, makanan apa yang ada di gambar sebelah kanan ???

Itu adalah singkong rebus, akan kita temui di tempat wisata perang Vietnam, Cu Chi Tunnel. Rasa singkongnya mirip dengan singkong yang ada di Indonesia,  masih satu keluarga Euphorbiaceae. 

Kalau di Indonesia sebagian orang merebus singkong dengan tambahan garam, tidak dengan orang Vietnam. Rasa hambar tersebut diatasi dengan menambahkan tumbukan kacang yang dicampur dengan gula pasir. Mau tahu seperti apa rasanya? Berkunjung ke Vietnam! :)

Nah, kalau yang ini makanan khas Thailand. Namanya Tom Yam, rasanya mirip sekali dengan sayur asam Indonesia.

Hanya saja, tom yam diberi bumbu lebih sehingga warna kuahnya sudah tidak bening  layaknya sayur asam Indonesia. 

Makan tom yam harus dipadukan dengan nasi, supaya lebih mengenyangkan. Gizinya seimbang karena terdiri dari karbohidrat dan sayur.

Itulah secuil cuplikan mengenai makanan khas Vietnam dari deretan ribuan makanan khas negara tersebut. Semoga bisa membantu dan dijadikan sumber referensi ketika hendak berkunjung ke Vietnam nantinya. Bagi muslim, cukup sulit untuk menemukan makanan halal di sana karena mayoritas penduduk Vietnam adalah Budha. Never mind, makanan halal tersebar di beberapa tempat, pandai-pandailah untuk mencarinya, jika kepepet usahakan tidak memakan daging. 

selamat berwisata kuliner, enjoy your trip....

0 comments:

Post a Comment